Rabu, 16 Desember 2015

Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah tangga.

Resume Kulwap IIP Bandung 2, Jum'at, 27 Nov 2015

Tema: Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah tangga.

Narsum: Teh Kiki Barkiah

Host: Lendy
Co Host: Zakia

TIPS Menjaga Kewarasan sebagai Ibu Rumah Tangga

Oleh: Kiki Barkiah

Berikut tips menjaga kewarasan sebagai ibu rumah tangga: 

1. Pahamilah bahwa rumah tangga kita adalah ladang surga.

2. Pahamilah bahwa kita manusia biasa yang tidak sempurna tetapi Allah Maha Kuasa, Maha Bisa, dan Maha Penolong.

3. Pahami bahwa ikhtiar kita bukanlah penentu hasilnya, tetapi ikhtiar kita adalah cara kita memberikan proposal pemohonan akan pertolongan dan hasil akhir yang baik dr Alah swt.

4. Pahami bahwa anak anak adalah mahkluk Allah yang jiwanya digenggam oleh Allah, bukan oleh kita. Maka mintalah kepada Allah apa-apa yang kita harapkan tentang mereka.

5. Pahami bahwa kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan pertolongan dan kerjasama dari orang lain. Untuk meminta pertolongan dan kerjasama dari orang lain, kita membutuhkan kesamaan visi yang jelas, komunikasi, pembagian tugas, kemampuan mengharmonisasi potensi, kemampuan mengatasi konflik, kesabaran dalam bekerjasama serta perasaan saling menerima dan memaafkan antar anggota tim.

6. Terus belajar untuk mengelola konfik yang beresiko memuncukan ketidakwarasan.

7. Miliki teman terbaik tempat berbagi yang halal dan amanah saat muncul tanda tanda ketidakwarasan.

8. Alokasikan waktu untuk relaks beristirahat dan menghibur diri dalam batasan yg dibolehkan syariat yang diniatkan dalam rangka mengumpukan energi dan kekuatan baru.

9. Berorientasilah pada proses dan pengoptimalisasian potensi dalam berproses sementra hasilnya kita serahkan pada Allah.

10. Saat tanda tanda ketidakwarasan mulai kambuh, banyak-banyaklah mengingat karunia yang telah Allah berikan.

11. Syukurilah apa yang ada karena yang ada sudah menjadi milik kita.

12. Saat ketidakwarasan benar benar terjadi time out lah diri kita agar meminimalisir keburukan yang tidak diharapkan.

13. Perbaikilah kondisi ruhiyah dan kedekatan kepada Allah karena kondisi ruhiyah berbanding lurus dengan tingkat kewarasan.

14. Tingkatkan terus keharmonisan hubungan bersama pasangan, karena kebahagiaan pernikahan memberikan energi positif dalam menjalankan amanah.

15. Hindari terlalu memikirkan apa kata orang lain, lakukan semaksimal yang kita bisa dan utamakanlah pandangan Allah yang Maha Mengetahui bagaimana perjuangan kita yang sesungguhnya.

16. Pahami tahapan perkembangan anak, tahapan perkembangan belajar anak serta karakter dan tempramen anak agar kita bisa lebih tepat dalam memperlakukan dan merespon sikap mereka.

17. Jika penyakit ketidakwarasan sering terjangkit, saatnya menentukan prioritas amanah sesuai dgn kondisi dan kemampuan yang dimiliki.

San Jose, California
dari yang terus berusaha menjaga kewarasan sebagai ibu rumah tangga.
Kiki Barkiah

Tanya Jawab

1⃣ Passion saya mengajar anak anak,saya suka dengan pekerjaan saya sebagai guru. Namun semua itu berubah ketika anak lahir dan suami meminta saya berhenti kerja.

Saya berusaha mencari pasion lain,tapi belum menemukan yang cocok.
Wal hasil saya merasa kurang maksimal menjalani peran sebagai istri ataupun ibu. Terasa ada yang hampa.
Bagaimana cara saya menjaga kewarasan?
Ririn_IIP 2

1⃣ Tidak dapat dipungkiri bahwa aktualisasi diri sesuai passion adalah kebutuhan setiap orang. Kehilangan ini bisa menyebabkan para ibu stress. Jd perasaan ini harus dikomunikasikan pada suami. Suami harus oaham bahwa ada kebutuhan diri inmbu yg perlu dibantu lalu didiskusikan alternatifnya dgn kondisi yg ada. Apakah mencari part time mengajar seminggu sekali selama 2 jam saja. Kemudian cldicari solusi supporting sistemnya. Apakan mengajar online. Apakah merekam diri sendiri mengajar di kamera lalu upload ke youtube. Tidak dibayarpun para wanita biasanya sdh bahagia krn kebutuhan aktualisasi dirinya bs terpenuhi walau porsinya sedikit saat anak anak masih kecil. Porsi sedikit ini lama kelamaan bs lebih banyak saat anak anak semakin besar. ✅

2⃣ Tanda2 apa aja yg bisa disebut sbg 'warning' ketidakwarasan..?

Uput_IIP 2

2⃣ Cemas berlebihan, mulai sensitif, mudah terpicu marah, dalam kondisi yang parang kadang ibu ibu ada oerasaan tidak berarti, gagal menjadi ibu, bahkan ingin menghilang dr dunia hehe✅

3⃣ Mohon pencerahannya teh Kiki,
Ada kalanya saya merasa bosan/jenuh dlm menjalani rutinitas Rumahtangga.

Kadang saya ingin marah, tp apa yg saya marahkan..bahkan saya tdk tahu.

Apakah saya masuk kategori ibu yg tdk waras..?

Lendy_IIP 2

3⃣ Iya teh biasanya krn kebanyakan energi negatif yg numpuk kadang ibu ibu sampai linglung mau apa, pengennya meluapkan marah. Ada hal yg belum terurai dan terselesaikan. Jd kadang butuh reorientasi tujuan hidup kalo memang sudah sangat menganggu

Ada beberapa penyebab ibu ibu tidak merasa bahagia. Diantaranya:
K-  Kontraknya salah alamat
U-Usahanya kurang ilmu
R-Ruhiyah kering kerontang
A-Allah jarang di minta bantuan.
N-Negatif mulu prasangkanya
G-Gangguan datang sedikit langsung nyerah

S-Salah mungkin tujuan akhirnya
Y-yang dipunya dilupain yang gak ada dicari-cari
U-Urusan gak pentingnya kebanyakan
K-Kangen jadi orang lain terus, gak mau jadi diri sendiri
U-Unggul di semua bidang jadi keingingan, padahal gak ada yang pernah minta
R-Ribet terus cara mikirnya

K-Komunikasinya mandeg
U-ungkapan hati diabaikan suami
R-Repotnya dimakan sendiri
A-Anggarannya dirasa kurang mulu
N-Ngutangnya gak bisa ditahan-tahan
G-Gak sadar sama potensinya

S-Suami kurang membantu
A -Anak-anak jauh dari harapan
B-Bosan, jenuh, gak ada cita-cita hidup
A- Aktualisasi diri kurang
R-Rekreasinya kurang

4⃣ Teh kiki kondisi seperti apa shg bisa dikatakan sdh tdk waras ?

#terkait tips no 5, sy orang nya ga enakkan teh,klo blm  terasa mentok bgt, sy selesaikan semua urusan sendiri walau rempongnya jangan ditanya (sy ibu 5anak teh). Tapi yaaa itu td ada saatnya kepikiran, ko asa gini2 banget sih ssyaaa, walau merasa diri baik2 sj. Sdh masuk kurang waraskah sy sebetulnya?
( Merasa waras tp sebetulnya engga )
Haturnuhun teteeh
Nenden_iip2

4⃣ Kadang gak enakkan itu cuma perasaan kita. Udah pernah tanya belum suami apa mereka keberatan diminta bantuannya. Setau saya rata rata para laki laki merasa berarti jika bantuannya dibutuhkan. Tp harus jelas minta tolong apa. Jangan lebay gak puguh..... minta dimengerti dari sinyal sinyal non verbal. Kalo laki laki mah mah harus jelas bilang mau kita apa ✅

5⃣ Saya sedang berusaha untuk melakukan ibadah dgn benar dan tepat waktu, mengusahakan untuk selalu curhat semua yg rasakan pd Allah.. Namun, seringkali masih merasa kurang sabar menghadapi anak, ataupun suami yg kadang masih belum kompak dalam menjalankan visi misi, jadi Saya terkesan sering marah2.. Kira2 cara apalagi ya teh agar 'kewarasan' tetap terjaga? Nuhun.
-Putri

5⃣Bererti perlu dilihat penyebab kurang sabarnya krn banyak faktor gak cuma soal ruhiyah. Sebentar saya copas kemungkinannya

Idetifikasi Penyebab Ketidaksabaran (Diisi saat seminar berlangsung)
Tidak Sadar Amanah
Tidak Sadar Perintah
Menganggap Anak Sebagai Beban
Hubungan pasutri tidak harmonis
Beban dalam pekerjaan
Tengah mengalami kehimpitan
Minim ilmu pengasuhan anak
Tidak memiliki kesamaan visi dengan lingkungan
Mengalami kelelahan
Kegiatan tidak teratur
Tergejar tenggat waktu
Cuaca lingkungan tidak nyaman
Lingkungan padat

Kurang lebih begini

Nanti detailnya tunggu di salam kibar youtube ✅

6⃣ Saya termasuk orang yg gampang marah, dan lambat laun anak saya yg pertama melakukan itu ke adiknya. Sekarang berusaha memperbaiki dengan sabar menahan amarah. Tp anak yg pertama masih belum berubah. Bagaimana pendapat teh kiki? Bagaimana efek seorang anak yang disuruh 'rada maksa' untuk kegiatan positif, tp kondisi anak ga mau melakukan yang kita arahkan.
Diah_IIP 2

6⃣ Untuk ke anak pertama ttp konsisten aja teh sambil terus doa. Bs jd memamh dipengaruhi karakter dasar bisa jadi karena mmg usianya masih kecil jd sumbu sabar masih pendek mudah frustasi yg penting konsusten ngajari untik gak mudah marah. Anak anak saya rata rata juga pemarah. Genetik pemarahnya mmg ada.

Untuk yg keg positif, kalo bisa diulur dulu baru ditarik. Kayak layang layang. Dilihat dulu maunya gimana baru diajak ke dunia yg kita harapkan. Atau dibuat bagaimana no menjadi yes dengan sekian cara kreatif ✅

7⃣ Anak saya sekarang usianya 2,5 tahun, sangat manja sekali kepada saya. Tapi kalau sedang main dengan siapa saja, ayahnya, kakek-neneknya, om tantenya, dan tanpa ada saya, dia behave sekali. Malah saya dapat pujian karena anak saya katanya soleh. Bahkan kalau hanya berdua dengan ayahnya pun dia tidak manja.

Apakah saya kurang tegas atau kenapa ya teh? Kadang dia terlalu memaksakan kehendaknya kepada saya sampai tantrum nangis2 kalau tidak saya berikan keinginannya.

Padahal penilaian saya, saya tidak pernah memanjakan dan juga sejak sudah bisa komunikasi dia sudah banyak mulai aktivitas kemandirian. Tapi saya heran kenapa makin kesini dia makin manja sama saya. Kalau ada saya, apapun, pasti harus ditemani saya. Apakah hal ini wajar?

Yuliad_IIP 2

7⃣ Rata rata anak anak seperti itu. Krn dia tau ada zona wioayah miliknya dan orang lain. Ada ruang dimana bersama ibu dia merasa lebih berani untuk mengunhkap keinginan yg sesunghuhnya sementara ditempat lain ada kontrol sosial. Wajar tetapi tetap harus konsisten dalam menghadapi tantrumnya

Tentang semakin manja coba diidentifikasi apakan mengalami regresi. Misal krn ada perubahan suasana.
Atau mungkin menjelang kelahiran adik. Atau ibu akhir akhir ini sibuk kurang perhatian. Allahua'lam✅

8⃣ Apakah seseorang harus tuntas dg dirinya sendiri dulu, baru memutuskan utk menikah? -agar meminimalisasi ketidakwarasan itu.-

- kasus ketidakwarasan ini, mirip sperti baby blues kah?

Hatur nuhun.
Chika_IIP 2

8⃣ Mbak.... gak tuntas tuntas sama diri sendiri mah. krn proaes belajar menjadi lebih baik itu sepanjang hayat. Tuntasnya kalo sdh tuntas umur.

Yg penting punya kesiapan lahir batin untuk siap belajar siap menganghung amanah yg lebih besar.

Baby blues salah satu contoh perubahan emosi ibu akibat perubahan hormon ya. Tp yg seperti ini sering juga muncul dikalangan ibunibu walau tsk sedang baby blues.

Biasanya sangat parah jika antara harapan dan kenyataan gak terlalu besar

Pilihannya melipatgandakan kekuatan agar kenyataan mendekati harapan atau...
Menaruh harapan yg lebih tepat sesuai keadaan. ✅

9⃣ Dirumah saya ada adik ipar yg ikut, sayangnya susah sekali diajak kerja sama, bangun jam 7pagi dan g pernah sholat sama sekali, jorok merapikan t4 tidurnya aja g pernah, saya sering merasa marah jengkel, akhirnya berimbas ke anak2 dan rt saya, saya jadi sering g waras krn jengkel,  jadi malas rasanya pernah saya tegur keluarganya malah marah dan berkata kasar sama saya hingga saat ini hub jadi kurang baik,, gmn solusinya teh

Nn iip 2

Jazakillah

9⃣ Nah ini termasuk faktor eksternal yg bikin ibu gak sabar krn terlalu rawan konflik. Jd harus diselesaikan supaya gak bikin imbas yg terlalu besar

Kalo posisinya ipar ada haiknya menghindari nasihat menyilang. Jd  kalo bagian nasihat biarlah yg menyamoaikan keluatga aslinya. Kalo bagian hadiah dan perhatian dikasihnya menyilang

Bisa juga pakai dakwah non langsung seperti membuka hidayah lewat oengajian buku dll

Coba juga liat akar masalahnya bisa jd masalah utamanya bukan jorok dan malas. Tp blm punya orieantasi hidup. Maka ada baiknya di dakwahi dr akarnya

Kalo tdk memungkinkan diupayakan sekuanya berarti bersahar dan menyesuaikan diri. Kalo kita tidak bs meraih yg jauh jangan sampai yg sudah menjadi wilayah kita harus terkorbankan. Kalo dakwah keluar gak bisa minimal selamatkan diri dan keluarga aja ✅

Teh kiki, kl baca2 di psikologi gt kan spek wanita itu hrs diperhatikan, banyak cerita dll. Tapi kl liat kisah shahabiyah, kayanya mereka itu tangguh2 bgt... bahkan ada yg rela ditinggal suami jihad dan syahid. Apa resep mereka ya teh? Apa resep itu bisa menghilangkan spek atau fitrah wanita tsb?
Nuhun teh.

Frikza_IIP 2

Kalo melihat sirah ada jg sisi sisi kewanitaan yg dimunculkan yg memang manusiawi. Seperti fatimah yg kelelahan minta khadimat. Atau cerita cerita kecemburuan aisyah misalnya. Bedanya pada mana yg lebih mendominasi, Allah dan akhirat atau nafsu. Nah mungkin orientasi akhirat kitanya yg blm kuat sehingga banyak kalah sama sifat dasar manusia seperti kikir berkeluh kesah dll ✅

1⃣1⃣ Seperti apakah time out jika sudah tjadi ketidakwarasan.
Htr nhn

yuyun_iip 1

1⃣1⃣ Wudhu shalat tilawah..atau rehat dulu rekreasi lalu rapat besar keluarga atau rapat besar bareng suami  ✅

1⃣2⃣ Assalamualaikum .. akhtar usia 4 tahun 3 bulan.. sdh punya adik 21 bulan..
Akhtar skrg jd lbh emosional dibanding sebelumnya dan tidak mau ditinggal bunda nya.. jd klo saya ada keperluan dia bisa nangis ditinggal dengan siapapun kecuali ayahnya..

Mohon sarannya teh kiki..

Nuhun teh leni..

1⃣2⃣ Mungkin sedang regresi. Insya Allah usia 4 sdh bs diajak diskusi dr hati ke hati mungkin ada perubahan suasana. Mungkin merasa kurang perhatian. Mungkin cemburu. Jdnya makin lengket dan gak mau pisah

Usahakan ada waktu khusus buat semua anak. Misal baca buku spesial. Gak sama anak yg lain. Krn rasanya beda ✅

1⃣3⃣ Terkadang sy merasa "hampa" sebagai ibu rumah tangga full time. Merasa 'oon' karena lama tidak berinteraksi dengan dunia luar dan lama tidak mengaplikasikan ilmu kuliah saya..
Bagaimana cara utk merefresh diri ya teh?

Adakah cara utk bisa aktualisasi diri tanpa meninggalkan anak2 dan keluarga?

Arie_IIP 4

1⃣3⃣ Pertama di refresh lagi niatnya. Diinget inget kelebihannya jd full time mom. Lalu inget juga kalo jadi full time mom itu bahian dr aktualisasi diri. Trus... coba test kepribadian. Passion kita dimana yg masih bs dikerjain sambil dari rumah. Porsinya kecil aja. Misal dua jam per minghu atau sejam sehari. Gimana suppotnya pas lg aktialisasi diri. Minta dukungan suami. Porsi yg kecil diluar amanah ibu kadang jd refresh energi dan kepenatan. Tp yg utama semua ibu harus merasa dirinya berarti dgn menjadi ibu. ✅
➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar