Rabu, 02 Desember 2015

Otak Tengah

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bunda-bunda solihat... hari ini tanggal Selasa, 2 Desember 2015, tema kita adalah

Otak Tengah

Mari sama-sama kita simak artikel berikut ini

Otak tengah (mesencephalon) atau (midbrain) menurut wikipedia adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran dan penglihatan yang mengontrol fungsi sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata. Otak tengah merupakan bagian awal dari batang otak.

Dokter spesialis saraf dr Andreas Harry, SpS(K) menyatakan:

Einstein, seorang yang dianggap jenius, ia memiliki korteks parietal yang 1 cm lebih besar dibandingkan dengan orang normal dan memiliki ukuran yang sama besar antara kiri dan kanan. Sedangkan pada orang normal umumnya bagian korteks parietal kiri lebih besar dari kanan.

Hal inilah yang membuat Einstein memiliki imajinasi 3 dimensi yang tinggi.

beberapa bagian otak manusia yang punya peran masing-masing.

1. Otak tengah (midbrain)
Otak tengah adalah bagian dari batang otak yang memiliki fungsi sebagai inti dari pergerakan bola mata dan juga di daerah ini lewat serabut-serabut yang mengatur pernapasan dan kesadaran. Kegiatan ini tidak bisa dikontrol atau bersifat autonom.

2. Otak besar yang terdiri dari otak bagian dalam dan juga otak bagian luar.
Otak bagian dalam (medial)
Pada bagian otak ini antara lain terdiri dari limbiks sistem yang berfungsi untuk mengatur emosi, pusat memori, mengatur viseral (pencernaan) dan sebagai pusat pengontrol gerakan.

Otak bagian luar (korteks)
Pada bagian otak ini terdiri dari empat bagian, yaitu:
- Korteks frontal sebagai pusat atensi (perhatian) dan  bicara.
- Korteks temporal sebagai pusat pendengaran dan bicara.
- Korteks parietal sebagai pusat somato sensorik, pusat matematik dan juga pusat imajinasi 3 dimensi.
- Korteks occipital  sebagai pusat  penglihatan.

3. Otak kecil (cerebellum)
sebagai pusat koordinasi, pusat tonus otot dan juga pusat keseimbangan.

Apapun yang dikerjakan oleh otak kiri dan mau dikirim ke otak kanan atau sebaliknya akan terhubung oleh corpus callosum.

Yang juga turut berperan dalam penerimaan impuls adalah bagian otak luar dan bagian otak dalam, sedangkan pada otak tengah (midbrain) hanya dilewati oleh serabut-serabut tersebut tapi bukan fungsinya.

Dr Andre jg menyatakan
"Kalau ingin membuat anak menjadi pintar, maka bagian korteks yang harus diaktivasi. Karena pada daerah tersebut terdapat pusat matematik, fisika, gambar, nyanyi dan juga pidato. Jadi untuk menjeniuskan anak adalah dengan melatih otak kiri dan kanan yang dijembatani oleh corpus callosum," ujarnya.

Mencerdaskan Otak Sesuai tuntunan Islam

Banyak hal dikakukan orang untuk meningkatkan kecerdasannya. Islam  Agama yang dibawa Nabi Muhammad sekitar 14 abad yang lalu sudah memberikan metode yang dapat mencerdaskan otak manusia ,yang apabila dilaksanakan secara rutin dan benar selain mendapatkan pahala juga dapat mencerdaskan otak manusia

Syaikh Ibrahim bin Ismail dalam karyanya Ta’lim al Muta’alim halaman 41, sebuah kitab yang mengupas tata krama mencari ilmu berkata,

“Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang kuat ingatan atau hafalannya. Di antaranya:

1. menyedikitkan makan (puasa)

 2. melaksanakan ibadah salat (utamanya malam)

3.membaca Alquran sambil melihat kepada mushaf”.

Selanjutnya ia berkata, “Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan terhadap daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang kecuali membaca Alqur’an”.

1⃣Puasa

Ketika berpuasa sistem pencernaan kita beristirahat. Sel-sel liar dan lemak yang telah dihancurkan akan dibawa ke hati. Saat puasa, hati tidak disibukkan oleh makanan hasilserapan dari usus. Oleh karena itu hati akan bekerja penuh menyaring racun-racun hasil autolisis. Yang selanjutnya racun akan dibuang keluar tubuh.

Lalu darah akan dipenuhi energi dan nutrisi yang sehat dan berkualitas tinggi.Menjamin penggantian sel mati, perbaikan sel rusak, dan pembentukan sel baru, terjadi dengan kualitas prima. Tubuh kita segera memiliki sel-sel baru dengan kualitas fitrah, sehat dan berfungsi baik. Ketika puasa, energi yang dihemat dari sistem pencernaan, akan digunakan untuk aktivitas sistem kekebalan tubuhdan proses berpikir oleh otak.

2⃣Sholat

Tahukah kita bahwa ada bagian syaraf yang berada dalam otak ternyata tidak bisa teraliri oleh darah, kecuali orang tersebut dalam keadaan sujud / shalat?. Posisi jantung yang letaknya berada di dada tidak cukup kuat memompa darah untuk sampai keseluruh bagian otak. 

Otak berada di atas sedangkan jantung berada dibawah. Posisi sujud yang menempatkan kepala berada dibawah dan jantung berada di atas, membuat darah mengalir dengan deras keseluruh bagian otak.

Ternyata Allah memerintahkan shalat bukan hanya sekedar beribadah semata, melainkan untuk kemaslahatan hidup manusia itu sendiri. Menurut Prof Hembing, Jantung hanya mampu memompa darah sebanyak 20% kebagian otak, sedangkan 80% lainnya hanya dapat dilakukan lewat sujud / shalat. 

seandainya otak tersebut tidak mendapat pasokan oksigen, akibatnya akan fatal. Kemampuan otak akan menurun, daya pikir menjadi lemah. Begitu pula daya ingatan menurun drastic dan cepat lupa. Pada akhirnya urat syaraf menjadi rusak dan mati. 

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Dr. Fidelma, seorang ahli syaraf dari Amerika yang beragama Kristen. Yang kemudian menuntunnya kepada hidayah islam.

3⃣Membaca Al-Qur’an

Islamic News: Hasil riset Universitas Al Azhar

 bahwa membaca Al Qur'an dapat meningkatkan kinerja otak & mempertajam ingatan sampai dengan 80% karena ada 3 aktivitas yang baik bagi otak yaitu melihat, mendengar & membaca. waktu yang bagus untuk membaca Al Qur'an adalah setelah shalat terutama shubuh & maghrib. pada kedua waktu tersebut, otak dalam keadaan refresh karena pergantian waktu dari terang ke gelap & dari gelap ke terang

Inilah salah satu bukti kebesaran dan keagungan Allah melalui ajaran Islam yang mulia. Seluruh ajaran / syariatnya selain dilakukan sebagai bentuk ibadah, juga merupakan berkah dan rahmat untuk kemaslahatan hidup manusia, yaitu meningkatkan kecerdasan manusia

Tim Tema Diskusi Harian HSMN Pusat

HSMN.Timtemadiskusi@gmail.com

Sumber:
http://m.detik.com/health/read/2010/08/27/084550/1429070/775/bisakah-mengaktifkan-otak-tengah-bikin-anak-jenius
http://bemjkimiaunj.org/tips/melihat-manfaat-membaca-al-quran-dalam-segi-kesehatan/

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
hsmn
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
facebook.com/hsmuslimnusantara
FB: HSMuslimNusantara Pusat
instagram: @hsmuslimnusantara
twitter: @hs_muslim_n
web:
hsmuslimnusantara.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar