Selasa, 01 Desember 2015

Sharing Materi IPC#50 - Deteksi Tumbuh Kembang Anak


SharingmateriIPC/50

2 Desember 2015
20 Safar 1437
_______________________

Disarikan oleh: Maya Tri Bonda Sari

Deteksi Tumbuh Kembang Anak

Deteksi dini gangguan tumbuh kembang penting karena pada tiga tahun pertama dari kehidupan anak merupakan periode tumbuh kembang yang amat cepat (periode emas/ critical period / window of opportunity).

Jika terjadi gangguan tumbuh kembang pada masa ini, maka gangguan tersebut akan menetap, sehingga amat penting mengenal gejala gangguan perkembangan selama periode ini (deteksi dini) dan menanganinya secara terpadu dan profesional sehingga diharapkan dapat dicapai hasil yang maksimal. Perlu diketahui bahwa gangguan perkembangan yang diintervensi secara dini (lebih cepat) akan memberikan hasil yang lebih baik, deteksi dini menjadi penentu keberhasilan intervensi.

Pertumbuhan ialah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau keseluruhan (Depkes, 2006).

Pertumbuhan dapat di ukur secara kuantitatif, yaitu dengan mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan atas terhadap umur, untuk mengetahui pertumbuhan fisik.

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian (Depkes, 2006). 

Menurut Soetjiningsih (1995) secara umum terdapat dua faktor utama yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, yaitu:

Faktor Genetik : Faktor genetik merupakan modal dasar dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang anak. Namun melalui instruksi genetic yang terkandung dalam sel telur yang dibuahi, dapat ditentukan kualitas dan kuantitas pertumbuhan. Gangguan pertumbuhan di negara maju lebih sering diakibatkan faktor genetik. Sedangkan di negara sedang berkembang, gangguan pertumbuhan selain diakibatkan faktor genetik, juga faktor lingkungan yang kurang memadai untuk tumbuh kembang anak yang optimal, bahkan ke dua faktor ini dapat menyebabkan kematian anak-anak sebelum mencapai usia balita.
Faktor lingkungan: Faktor yang sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan. Lingkungan cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan kurang baik akan menghambatnya. Secara garis besar faktor lingkungan di bagi dua, yaitu faktor lingkungan yang mempengaruhi anak pada waktu masih dalam kandungan (prenatal) dan faktor lingkungan setelah lahir (postnatal).

Menurut Depkes (2006) aspek-aspek perkembangan anak yang perlu dipantau diantaranya adalah:

✅ Gerak kasar atau motorik kasar adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan pergerakan dan sikap tubuh melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri dan sebagainya.
✅ Gerak halus atau motorik halus adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengawasi sesuatu, menjimpit, menulis dan sebagainya.
✅ Kemampuan bicara dan bahasa adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan untuk memberikan respons terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah, dan sebagainya.
✅ Perilaku sosial, termasuk disini sosialisasi dan kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak (makan sendiri, membereskan mainan setelah selesai bermain), berpisah dengan ibu/ pengasuh anak, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya.

Cara deteksi tumbuh kembang anak
1.Deteksi dini penyimpangan pertumbuhan, meliputi pengukuran antropometri
(pengukuran berat badan, tinggi badan , lingkar kepala dan lingkar lengan atas).

2.Deteksi dini penyimpangan perkembangan, meliputi skrining atau pemeriksaan menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), tes daya lihat (TDL), dan tes daya dengar (TDD).

Sumber:
http://perawat14.blogspot.co.id/2013/03/deteksi-dini-tumbuh-kembang-anak.html?m=1

http://www.indonesian-publichealth.com/2014/08/deteksi-dini-tumbuh-kembang-balita.html?fdx_switcher=true

Divisi Program IPC ✏

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Islamic Parenting Community  
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

Instagram: @islamicparenting

twitter: @isparentingcom

blog:  isparenting.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar