Rabu, 23 Desember 2015

Sharing Materi IPC#58 - Mencintai Rasulullah


SharingmateriIPC/58

21 Desember 2015
9 Rabiul Awal 1437
_______________________
  
Tema: Islamic Knowledge 

Mencintai Rasulullah SAW

Mencintai Rasul SAW adalah wajib (QS At Taubah: 24) dan harus diposisikan sebagai kecintaan tertinggi setelah kecintaan kepada Allah SWT.

Imam al-Qadhi 'Iyadh al-Yahshubi, dalam kitab beliau, Asy Syifa bi Ta’rifi Huquq Al-Mushthafa, menyatakan ttg kecintaan kepada Rasul.

"Ketahuilah bahwa siapa yg mencintai sesuatu maka pengaruh dan kesan kebenaran klaim cinta itu haruslah tampak. Jika tidak, maka kecintaan itu hanyalah klaim kosong. Orang yg benar-benar mencintai Nabi SAW adalah orang-orang yg tanda-tanda kecintaannya kepada Nabi SAW itu tampak pada dirinya. "

Tanda Cinta kepada Rasul SAW:

1⃣ Meneladani beliau, menerapkan sunnah beliau, mengikuti ucapan dan perbuatan beliau, menjalankan segala perintah beliau dan menjauhi segala larangan beliau, serta beradab dgn adab baik beliau dlm keadaan susah atau mudah, yg disukai atau tak disukai.

2⃣ Banyak mengingat Nabi SAW. Siapa yg mencintai sesuatu akan memperbanyak mengingatnya, termasuk banyak kerinduannya utk bertemu dgn yg dicinta.

3⃣ Banyak mengingat Nabi SAW harus disertai dgn mengagungkan beliau, merendahkan diri saat mengingat atau menyebut beliau, serta menampakkan kekhusyukkan dan ketundukan ketika mendengar nama beliau. Termasuk dlm hal ini adalah memperbanyak shalawat kepada beliau.

4⃣ Membenci siapa saja yg dibenci Allah SWT dan Rasul-Nya, memusuhi siapa saja yg memusuhi beliau, menjauhi siapa saja yg menyalahi sunnah beliau dan membuat perkara-perkara baru di dalam agama beliau (Islam) serta menganggap berat semua perkara yg menyalahi syariah Nabi SAW.

5⃣ Mencintai Al Quran yg dibawa Nabi SAW dgn menjadikan Al Quran sbg petunjuk dan berakhlaq dgn Al Quran. Kecintaan kpd Al Quran adalah dgn membaca, memahami dan mengamalkan isinya.

6⃣ Lemah lembut dan belas kasih kpd umat Nabi SAW; menasehati umat beliau serta berupaya mewujudkan kemaslahatan mrk dan menghilangkan hal yg membahayakan dari mereka, sebagaimana Nabi SAW menyayangi kaum mukmin.

7⃣ Di antara tanda kesempurnaan kecintaan kepada Rasul SAW adalah bersikap zuhud di dunia dan tdk mengutamakan dunia, bersabar atas kefakiran dan kekurangan.

"Sesungguhnya, telah ada pada diri Rasulullah itu suri  teladan yg baik bagimu"(QS Al Ahzaab:21).

Wallah a’lam bi ash-shawab.

Sumber:
Al Islam Edisi 785

Divisi Program IPC ✏

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Islamic Parenting Community  
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

fan page: https://m.facebook.com/isparentingcommunity

Instagram: @islamicparenting

twitter: @isparentingcom

web: IslamicParenting.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar